Selasa, 25 September 2012

Arsitektur Komputer ( processor)


Macam - macam Arsitektur Komputer
 


1. DOTHAN 

 
         
Dothan adalah nama kode prosesor yang di berikan kepada intel pentium M dengan cache level -2 2048 KB 90 nanometer (socket 479). Nama kode prosesor merupakan sebutan bagi jenis - jenis propotipe prosesor - prosesor yang masih ada dalam pengembangan. Intel AMD, VIA Cyrix umumnya memberikan nama kode prosesor mereka pada publik sebagai tanda bahwa mereka sedang mengembangkan produk baru.

         Merek Pentium M mengacu pada keluarga ponsel single-core mikroprosesor x86 (dengan mikroarsitektur Intel P6 dimodifikasi) diperkenalkan pada Maret 2003 (selama masa kejayaan Pentium 4 desktop CPU), dan membentuk bagian dari platform notebook Carmel Intel bawah kemudian baru Centrino merek. The Pentium M prosesor memiliki kekuatan desain maksimum thermal (TDP) dari 5-27 W tergantung pada model, dan dimaksudkan untuk digunakan dalam laptop (sehingga “M” akhiran berdiri untuk mobile).

 Mereka berevolusi dari inti CPU III-merek terakhir Pentium dengan menambahkan front-side bus (FSB) antarmuka Pentium 4, instruksi decoding ditingkatkan dan mengeluarkan front end, meningkatkan prediksi cabang, dukungan SSE2, dan cache yang lebih besar. Pentium M pertama-merek CPU, kode-bernama Banias, diikuti oleh Dothan. The Pentium M-merek prosesor digantikan oleh CPU Core bermerek.


2. Nehalem                 
 
         Nehalem adalah sebuah codename untuk sebuah arsitektur intel processor. Nehalem processor menggunakan 45 nm(nanometer) untuk proses kinerjanya. Sebuah sistem preview dengan dua prosesor Nehalem ditunjukkan di Intel Developer Forum pada tahun 2007 . Processor pertama di rilis dengan arsitektur Nehalem adalah Core i7 dekstop yang di rilis pada bulan November tahun 2008.

Nehalem merupakan sebuah codename daur ulang, mengacu pada arsitektur yang sama sekali berbeda dari Netburst, meskipun Nehalem masih memiliki beberapa hal yang sama dengan NetBurst. 

            Nehalem berbasis mikroprosesor menggunakan kecepatan clock yang lebih tinggi dan lebih hemat energi dibanding Penryn microprocessors. Hyper-threading ini diperkenalkan kembali bersama dengan pengurangan L2, yang telah dimasukkan sebagai Cache L3 yang dapat digunakan oleh semua core. Nehalem diganti dengan mikroarsitektur Sandy Bridge, dirilis pada bulan Januari 2011.

 
3. Sandy
 
          Sandy Bridge adalah codename untuk mikroarsitektur yang dikembangkan oleh Intel mulai tahun 2005 untuk unit pengolahan sentral dalam komputer untuk menggantikan mikroarsitektur Nehalem. Intel menunjukkan processor Sandy Bridge pada tahun 2009, dan merilis produk pertama berdasarkan arsitektur pada bulan Januari 2011 di bawah merek Core.
           
    Awalnya, implementasi menargetkan proses manufaktur 32 nanometer berdasarkan planar ganda-gerbang transistor. Produk berikutnya, dengan nama kode Ivy Bridge, menggunakan proses 22 nanometer. The Ivy Bridge mati menyusut, yang dikenal dalam model Tick Tock-Intel sebagai “kutu”, didasarkan pada 3D tri-gerbang transistor. Intel menunjukkan Ivy Bridge prosesor pada tahun 2011.


Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Nehalem_%28microarchitecture%29
http://en.wikipedia.org/wiki/Sandy_Bridge_%28microarchitecture%29 ( translate google )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar