Sabtu, 22 September 2012

Sebutkan ,jelaskan dan sebutkan fungsi dari :

b. Perangkat out put / out put device 



1. MONITOR 



   
CARA KERJA MONITOR DAN PENGERTIANNYA


Apakah monitor itu? Monitor adalah sebuah peranti yang bentuknya mirip televisi, dan menyajikan gambar yang dapat dilihat oleh pengguna komputer, biar dia bisa tahu apaan sih yang lagi dikerjain sama komputernya. 
Monitor termasuk peranti output karena dari monitor pengguna bisa tahu informasi yang dikasih dari komputernya.

Monitor itu banyak jenisnya dan sangat beragam bentuknya, nggak ada bedanya dengan televisi. Yang pasti, kalo menggunakan monitor, kamu  pastinya udah kenal dengan istilah resolusi. 
Misalnya monitor kamu  memiliki resolusi 1024×846, nah angka-angka tersebut mewakili jumlah pixel yang dapat ditampilkan di layar. 
Pixel ini adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar yang ditampilkan dalam monitor, kependekan dari “picture elements”. Semakin tinggi resolusi monitor, detail gambar yang terlihat akan semakin detail.

Gimana sih cara kerja monitor? 
Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. 
Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer.
Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.
Teorinya, untuk membentuk sebuah gambar, sinar tadi menyapu sebuah garis horizontal dari kiri ke kanan, menyebabkan pixel-pixel tadi berpendar dengan intensitas cahaya sesuai dengan tegangan yang telah diatur. Proses tersebut terjadi pada semua garis horizontal yang ada pada pixel layar, dan ketika telah sampai ujung, sinar tersebut akan mati sementara untuk mengulang proses yang sama untuk menghasilkan gambar yang berbeda. Makanya kita dapat nonton objek yang seolah-olah bergerak di layar televisi atawa monitor.


Pada masa awal-awal kelahiran teknologi televisi, para ilmuwan yang merancang televisi dan tabung gambar menemui hambatan teknis. Seperti yang kita tahu, TV zaman baheula belumlah sekeren dan secanggih sekarang, eh maksudnya belum mampu menampilkan detail gambar seperti sekarang. 
(int/dri) Dulu, lapisan yang berpendar dalam tabung gambar kualitasnya nggak sebaik sekarang. Jadi kualitas pixel yang dihasilkan juga tidak seoptimal sekarang. Kini, seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang membutuhkan kualitas TV dan monitor tabung yang lebih baik, untungnya kualitas lapisan berpendar dalam tabung monitor telah lebih baik.
Hasilnya diperoleh tabung gambar yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi. Wajar aja, soalnya komputer banyak berurusan dengan text, dan itu membutuhkan detil gambar yang tinggi. Sayangnya, teknologi monitor dengan tabung CRT ini ditengarai memiliki banyak pengaruh buruk bagi kesehatan penggunanya. Sejumlah riset mengindikasikan bahwa ekspos berlebihan monitor pada mata dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. 
Hal ini disebabkan oleh radiasi sinar elektron pada tabung gambar monitor atau televisi tabung. Tapi manusia menemukan teknologi baru yang siap menggantikan tabung gambar sebagai alat tampilan visual. Yaitu teknologi LCD (Liquid Crystal Display), yang memungkinkan perampingan dimensi dan pemangkasan bobot peranti display monitor. Selain itu, teknologi yang satu ini disebut-sebut akrab bagi kesehatan penggunanya.


2. PRINTER 


Cara Kerja dan  Pengertian printer

PENGERTIAN 

printer, seperti namanya yang sangat berarti bahwa mekanisme pencetakan menyentuh kertas untuk menciptakan sebuah gambar. Dampak printer yang digunakan pada awal tahun 70-an dan 80-an. Dot Matrix printer dalam serangkaian pin kecil digunakan untuk menyerang pada pita dilapisi dengan tinta untuk mentransfer gambar pada kertas.
 Dampak lain seperti printer Karakter komputerisasi pada dasarnya mesin ketik. Mereka memiliki serangkaian bar atau sebuah bola dengan karakter yang sebenarnya pada mereka, yang menyerang pada pita tinta untuk mentransfer karakter di atas kertas. Pada suatu waktu hanya satu karakter dapat dicetak. Daisy Wheel printer menggunakan plastik atau logam roda. Jenis printer memiliki penggunaan terbatas meskipun karena mereka hanya dibatasi untuk mencetak karakter atau satu jenis font dan bukan grafik.

Ada Line printer dimana rantai karakter atau pin, mencetak seluruh baris, yang membuat mereka cukup cepat, namun kualitas cetak tidak begitu baik. Thermal printer tidak lain hanyalah printer yang digunakan dalam kalkulator dan mesin faks. Mereka murah untuk digunakan. Thermal printer bekerja dengan mendorong pin dipanaskan sensitif terhadap panas khusus kertas.

Lebih efisien dan maju printer telah keluar sekarang yang menggunakan Non-dampak baru Teknologi.

Non-dampak printer adalah orang-orang di mana mekanisme pencetakan tidak datang ke dalam kontak kertas sama sekali. Hal ini membuat mereka lebih tenang dalam operasi dibandingkan dengan dampak printer.

Pada pertengahan 1980-an Tinta printer diperkenalkan. Ini telah yang paling banyak digunakan dan printer populer sejauh ini. Warna pencetakan punya printer inkjet merevolusi setelah diciptakan. Seorang kepala printer Inkjet memiliki nozel kecil, yang sangat kecil tempat tetesan tinta pada kertas untuk menciptakan sebuah gambar. Titik ini sangat kecil bahkan diameter rambut manusia lebih besar. Titik-titik ini ditempatkan tepat dan dapat sampai dengan resolusi 1440 x 720 per inci. Kombinasi yang berbeda dari cartridges tinta dapat digunakan untuk printer tersebut.


CARA KERJA 

Cara kerja dari printer itu sendiri sangat mudah , pertama-tama pasangkan usb pada printer ke colokan yang ada di komputer anda kemudian nyalakan tombol yang ada di printer kemudian pilih data yang akan di print kemudian klik print dan data anda akan segera tercetak. 




3. DOT MATRIX 


 Dot Matrix

Printer Dot Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam.
Cara Kerja:

Printer ini membentuk karakter dari sejumlah titk-titik Printer dot matrix mempunyai element yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas. Cara mencetak tersebut dinamakan impact. Kelebihan dari printer ini adalah kecepatan cetaknya yang mencapai 400 cps, yaitu lima kali lebih cepat dan dapat mencetak graflk, tetapi kualitas hurufnya tidak sebagus letter Quality. Kelemahan Cara printer ini bekerja adalah mencetak dari kiri ke kanan , kemudian dari kanan ke kiri pada baris berikutnya sehingga untuk mencetak satu baris teks menjadi lambat.



Fungsi printer dot matrix

Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan 

mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke 

media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per 

inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi 

resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya 

rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.



4. LASER 


Bagaimana Cara Kerja Printer Laser?




Laser printer telah menjadi kebutuhan utama di lingkungan kantor dan copy center. Printer laser pertama kali dikembangkan pada tahun 1971 oleh Xerox, dan baru pada tahun 1977 itu di pasarkan ke pasar komersial. Hasil Pencetakan yang detail dan tajam segera membuat printer laser menjadi pilihan yang populer untuk banyak konsumen, meskipun cara kerja Laser printer ini masih belum banyak diketahui oleh banyak orang. Karena disebut Printer Laser, beberapa orang berpikir bahwa printer laser menggunakan sinar laser untuk mencetak di atas kertas. Sebenarnya Printer laser memanfaatkan listrik statis untuk mencetak, walaupun laser memang memainkan peran penting dalam proses pencetakan. Printer Laser memulai pekerjaan cetak dengan menerima data dari komputer dan di proses melalui pusat controller, yaitu sebuah komputer kecil di dalam printer itu sendiri. Banyak printer laser yang mampu melakukan beberapa pekerjaan mencetak sekaligus, . Kemampuan untuk menangani beberapa jenis pencetakan ini membuat printer laser cukup populer.
Di dalam printer laser ada sebuah perangkat yang di sebut “Drum” yang memiliki muatan listrik. Di samping Drum ada transfer roller, yang  memberikan aliran negatif atau positif untuk men-”charge” daya muatan listrik ke “Drum”. Dalam printer laser “Drum” di aliri muatan positif, meskipun proses ini juga dapat bekerja secara terbalik (Negative). Computer Controller di dalam printer itu memanipulasi sinar laser kecil untuk “menulis” pada drum dengan muatan negatif sehingga menciptakan gambar/image secara elektrostatik.
Kemudian, “Drum” bergerak (rolling) melalui toner, yang bermuatan positif sehingga akan melekat pada bidang muatan negatif pada printer drum. Printer kemudian menarik secarik kertas, yang diberi muatan negatif yang lebih kuat dengan transfer roller bergerak melewati drum. Gambar elektrostatik pada drum akan di transfer ke kertas, yang kemudian di tempelkan untuk mencegah menempel pada drum. Kemudian dimasukkan melalui fuser yang memanaskan toner sehingga mengikat dengan serat di atas kertas.
Sementara itu, drum melewati lampu discharge, yang akan mengekspos seluruh permukaan drum dan menghapus gambar elektrostatik. Kawat transfer memberikan daya muatan positif, dan printer siap untuk mencetak halaman berikutnya.
Printer Laser Warna bekerja dengan dengan cara yang sama melakukan beberapa pekerjaan diatas beberapa tahap. Sebagian besar printer Laser warna memiliki Toner biru, merah, dan kuning, selain hitam, yang dapat dikombinasikan untuk membentuk warna. Printer laser warna besar memiliki “Drum” terpisah dan toner untuk setiap warna pada saat kertas melewati setiap drum secara terpisah.


Keuntungan Dari Printer Laser Jet

Keuntungan yang paling besar adalah kecepatannya, presisinya, dan lebih ekonomis. Laser yang berada dalam laser printer dapat bergerak sangat cepat, maka dari itu laser printer dapat mencetak jauh lebih cepat daripada inkjet printer. Dan karena balok laser mempunyai diameter yang tidak bervariasi, maka dari itu printer ini dapat menggambar dengan lebih prisisi, tanpa memakai tinta yang berlebihan. Bubuk toner sangat murah dan dapat bertahan lama
Seiring dengan perkembangan teknologi, harga printer laser terus-menerus turun, karena bermunculan laser printer dengan teknologi yang lebih canggih. Dan perkembangan desain printer laser yang semakin bervariasi dan mungkin akan bermunculan merek-merek baru yang memproduksi printer dengan laser printing system.

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara kerja printer laser:

  1. Jutaan bite karakter data dialirkan dari komputer kita ke printer
  2. Sebuah sirkuit elektronik yang terdapat di dalam printer (saat ini juga sudah ditanamkan di dalam komputer yang lebih modern) akan mengatur bagaimana cara mencetak data tersebut supaya benar tercetak pada sebuah kertas.
  3. Rangkaian elektronik akan mengaktifkan kawat korona yang merupakan kawat dengan tegangan tinggi yang memberikan muatan listrik statis kepada apapun yang aad di dekatnya.
  4. Kawat korona tersebut akan menyentuh drum photoreceptor sehingga muatan positif akan menyebar merata pada permukaan drum.
  5. Pada saat yang sama, sirkuit akan mengaktifkan laser sehingga bisa menarik gambar halaman ke arah drum. Sebenarnya sinar laser tidak benar - benar bergerak, namun hanya memantul melalui cermin yang berada diatas drum sehingga sinar laser bisa mengenai permukaan drum dan menghapus permukaan positif yang ada disana serta. Sebagai gantinya, sinar laser akan menciptakan sebuah bidang yang bermuatan negatif. Secara bertahap, gambar daris eluruh halaman akan menumpuk pada permukaan drum.
  6. Sebuah roll tinta akan menyentuh permukaan fotoreseptor dengan toner. Toner telah diberi muatan listrik positif sehingga bisa menempel di permukaan bagian drum photoreseptor yang memiliki muatan negatif. kemudian gambar bertinta halaman terbentuk di permukaan drum.
  7. Selembar kertas akan bergerak menuju drum dan akan diberi muatan listrik positif oleh kawat korona.
  8. Ketika kertas bergerak mendekati drum, muatan posotof akan menarik toner bermuatan negatif dan gambar akan dipindahkan dari drum ke kertas. Pada proses ini, partikel toner hanya menempel di permukaan kertas
  9. Kertas yang telah tertempel toner akan melewati 2 roll panas. Panas dan tekanan yang diberikan dari roll akan membuat toner menjadi cepat kering secara permanen di dalam serat kertas.
  10. Hasil prinout akan keluar seperti layaknya proses pada mesin foto copy.


5. INKJET 



 Ink Jet :

    


lebih rendah biaya dan kemampuan printer warna-cetak. Tapi sementara printer inkjet adalah harga yang jauh lebih sedikit dari printer laser, mereka sebenarnya lebih mahal untuk menggunakan dan memelihara. Cartridges perlu diubah lebih sering dan dilapisi kertas khusus yang dibutuhkan untuk menghasilkan output berkualitas tinggi sangat mahal. Pada biaya per tingkat halaman, biaya cetak inkjet sekitar 10 kali lebih banyak dari pencetakan laser.


Cara kerja :


Inkjet mencetak seperti pencetakan laser. Tinta dipancarkan dari nozel sementara mereka melewati media. Operasi dari sebuah printer inkjet mudah untuk memvisualisasikan: tinta cair dalam berbagai warna yang disemprotkan ke atas kertas dan media lainnya, seperti film plastik dan kanvas, untuk membangun citra. Sebuah print head scan halaman dalam strip horisontal,  menggunakan perakitan motor printer bergerak dari kiri ke kanan dan kembali lagi, sementara kertas yang digulung dalam langkah-langkah vertikal, lagi oleh printer A strip (atau baris) gambar dicetak, maka kertas bergerak, siap untuk strip berikutnya. Untuk mempercepat, kepala cetak tidak mencetak satu baris piksel dalam setiap pass, tetapi deretan vertikal piksel pada suatu waktu




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar