Sabtu, 22 September 2012

Sebutkan, jelaskan dan sebutkan cara kerja dari :


 a. Perangkat Input / in put device
1. KEYBOARD 









Pengertian Keyboard  Fungsi Keyboard -


 Keyboard adalah perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU. Keyboard terdiri dari banyak tombol ketik dengan simbol masing-masing. Mulai dari awal ditemukannya sampai sekarang, keyboard sudah mengalami banyak penyesuaian. 
Keyboard yang banyak dipakai sekarang ini adalah keyboard model Qwerty, dimana penyusunan tiap-tiap hurufnya sudah disesuaikan untuk kenyamanan mengetik dengan menggunakan 10 jari. Bagian-bagian keyboard yaitu papan ketik yang terbuat dari plastik, line PCB yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengirimkan perintah dari/ menuju CPU, dan kabel data yang bisa berupa kabel USB maupun kabel standar untuk 
keyboard.




Fungsi keyboard 

adalah mengirimkan perintah dari tiap huruf maupun angka yang kita ketikkan kemudian menyampaikannya ke CPU dan selanjutnya perintah manual tersebut akan di rubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti oleh prosessor.  komputer adalah sebagai media input yang mengubah perintah analog berupa tekanan pada papan ketik dan mengubahnya kedalam perintah digital serta selanjutnya menghubungkannya kedalam CPU.Susunan tiap tombol perintah pada keyboard sudah disesuaikan sedemikian rupa sehingga memudahkan kita pada saat mengetik. Keyboard yang sekarang ini banyak digunakan adalah keyboard jenis QWERTY yang sudah memiliki standar tertentu.

Keyboard QWERTY mempunyai tombol atau papan ketik sebanyak 101 huruf dan biasanya memiliki susunan seperti berikut:A. Alphanumeric KeyB. Numerik KeypadC. Function KeyD. Modifier KeyE. Cursor Movement Key. 




2. MOUSE 


Pengertian Keyboard  Fungsi Mouse 

 Ya mouse seperti gambar diatas ini (tentu dengan berbagai macam tipe) mempunyai sebuah fungsi utama 

yaitu menggerakkan kursor. Nah biasanya kursor ini ber gambar sebuah anak panah. Seperti yang anda lihat 

di depan monitor komputer kamu. Atau dapat berubah-rubah jika melewati form tertentu, contohnya 

menjadi garis hitam vertikal ketika kamu mengetik di MS word atau nulis posting di blog. Selain itu juga 

memiliki fungsi lain yaitu memberi perintah yaitu klik danklik kanan.

Nah itu pengertian fungsi secara kasat mata, nah dari pengertian mouse dari wikipedia adalah alat yang 

digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse memperoleh nama demikian 

karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

Dalam bahasa indonesia dinamakan dengan tetikus, walaupun mungkin sebagian besar rakyat indonesia 

tidak tahu ini :D

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. 

Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse komputer yang dapat mengetahui posisi X-Y 

pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Secara garis besar itulah pengertian dan funsi dari mouse komputer yang sering anda pakai sehari-hari untuk 

mengakses blog ini.

Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan "Mouse" dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).

Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.

Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting.

Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah "Drag" yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.





3. TRACKBALL


1.PENGERTIAN TRACKBALL

Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse.Perbedaan utama terletak pada 

konfigurasinya. Pada mouseoperator harus menggerakkan seluruh badan dari mousetersebut, 

sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah 

yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan cara 

demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. 

Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas 

badan trackball. 

Alat yang digunakan untuk memindahkan krusor dengan cara menggerakkan bola (alat ini 
mirip dengan mouse hanya bedanya pada mouse bola berada dibawah sedang pada 
trackball, bola berada diatasnya).
Trackball pertama tahun 1978 dan digunakan untuk game pertarungan di Atari. Game pertama 
yang menggunakan Trackball adalah Atari Footbal
Tahun 1995 trackball menjadi standar perangkat yang digunakan untuk menjalankan game.


Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.


2.FUNGSI TRACKBALL

Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.
Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.


3.CARA KERJA TRACKBALL
Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan cara demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas badan trackball.


4.JENIS TRACKBALL
v SlimBlade™ Trackball
v Expert Mouse®
v SlimBlade™ Trackball Mouse
v Orbit® Optical Trackball
v 5.PRODUSEN TRACKBALL
5. PRODUSEN TRACKBALL
a.China
v Shenzhen Baitong Industrial Co., Ltd.
v SZ KMY Co., Ltd.
v Shenzhen Sunson Financial Equipment Co., Ltd.


4. SCANNER 



Cara kerja Scanner Apakah Scanner itu ?

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.
Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi.
Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan



Cara kerja scanner :

1. Gambar yang akan dipindai diletakkan diatas permukaan kaca pemindai/scanner.

2. Sebelum gambar dipindai, computer akan menentukan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu akn maju, jaraknya ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar dikaca pemindai.

3. Lampu mulai menyala dan motor stepper akan mulai berputar untuk menggerakkan lampu hingga posisi akhir gambar.

4. Cahaya yang dipancarkan lampu ke gambar akan segera dipantulkan, kemudian pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner.

5. Cahay pantulan tersebut akhirnya akn sampai kesensor CCD.

6. Sensor CCD akan mengukur intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan merubahnya menjadi tegangan listrik analog.

7. Tegangan analog tersebut akan diubah menjadi nilai digital oleh alat pengubah ADC (Analog to Digital).

8. Sinyal digital akan dikiim ke papan logic dan dikirmkan kembali kekomputer dalam bentuk data digital yang menunjukkan titik-titik gambar yang dipantulkan.


Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
  • Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
  • Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru.
Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.



5. JOYSTICK 



Joystick elements:


1.Stick
2. Base
3. Trigger
4. Extra buttons
5. Autofire switch
6. Throttle
7. Hat Switch (POV Hat)
8. Suction Cup


Joystick merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas (pada joystick absolut) atau dengan tekanan pada tuas (pada joystick terkendalu atau joystick isometrik. Pada joystick biasanya terdapat tobol yang dapat diilih atau diasoasikan dengan papan ketik.
Alat ini digunakan untuk memindahkan obyek gambar dalam layar monitor, fungsinya hampir sama dengan mouse namun joystick hanya digunakan untuk program game.
Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas.Joystick mempunyai perbndingan K/T yang berubah-ubah.













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar